PERAN KEWIBAWAAN GURU TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK

kewibawaan guruBelajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Pembelajaran disekolah melibatkan kewibawaan guru dan beberapa peserta didik yang akan belajar ilmu pengetahuan. guru merupakan hal penting yang akan menjadi sebuah panutan dan pembimbing peserta didik untuk belajar. Dalam mengajar, seorang guru harus memiliki kewibawaan agar peserta didik yang dibimbing tidak meremehkan perintah, peraturan dan materi yang dijelaskan guru.

Peran kewibawaan guru menurut ahli dalam pendidikan

Menurut H. Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati, kewibawaan atau Gezag adalah suatu daya mempengaruhi yang terdapat pada seseorang sehingga orang lain yang berhadapan dengan dia, secara sadar dan suka rela tunduk dan patuh kepadanya. Jadi jika seorang guru memiliki kewibawaan akan dipatuhi oleh peserta didiknya secara sadar, tidak terpaksa atau diharuskan dari luar, tunduk, menuruti semua yang dikehendaki oleh pemilik guru.
Banyak hal yang membuat seorang guru harus memiliki kewibawaan langsung atau tidak langsung. Seorang peserta didik lebih suka bercanda dengan teman dibandingkan mendengarkan penjelasan guru dan jika kewibawaan guru, seorang peserta didik akan takut dan enggan bercanda dengan teman dan lebih cenderung mendengarkan penjelasan. Dengan kata lain, minat belajar peserta didik lebih tinggi terhadap penjelasan guru. Menurut Sumardu Suryabrata minat merupakan kecenderungan-kecenderungan dan keinginan yang tinggi atau yang besar terhadap sesuatu. Jadi pengertian dari minat belajar adalah suatu kecenderungan yang mengandung perasaan senang dan merasa tertarik untuk melakuakn aktifitas dalam proses belajar. dan itu merupakan salah satu faktor yang bisa menentukan berhasil atau tidaknya seorang peserta didik dalam mempelajari suatu mata pelajaran, karena suatu pelajaran hanya dapat diikuti dengan baik apabila peserta didik dapat memusatkan perhatiannya terhadap pelajaran tersebut, begitu pula sebaliknya.

Contoh kewibawaan guru

Orang yang berwibawa mempunyai kepribadian yang baik, tenang dan tidak sombong, akan selalu dihormati orang lain. Sebagai contoh pada suatu sekolah ada guru A yang sangat disegani oleh peserta didiknya, mereka sangat hormat dan patuh kepadanya. Setiap harinya sebelum guru A masuk kedalam kelas, peserta didik sudah duduk tenang dan tertib menantikan guru A itu mengajar. Semua perintah, larangan serta nesihat yang diberikan dipatuhi oleh peserta didiknya karena hormat kepadanya karena .

Posted on 17/01/2015, in Manfaat Sayuran and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: