Hijrah Pembuka Peradapan Manusia

Pembuka Peradapan ManusiaPembuka peradapan manusia bisa dikatakan juga dengan hijrah. Hijrah adalah cikal bakal munculnya peradapan islam. Dan arti peradapan islam adalah awal mula adanya peradapan yang moderen. Peradapan moderen yaitu ilmu dan teknologi.
Sebuah peradapan yang berpijak pada ilmu dan teknologo setelah adanya hijrah. Jauh sebelum umat – umat agama non islam menyadari betapa pentingnya ilmu sains, umat islam telah mempelajari ilmu itu. Umat islam sejak awal diajarkan rasulullah swt untuk memahami dan mempraktekan yang namanya sains dalam kehidumpan sehari – hari umatnya. Dalam kitab Al-Qur’an sendiri, Allah selalu menyuruh umatnya untuk berpikir dan menggunakan akalnya dalam melakukan sesuatu agat tidak terjebak dalam kehidupan mistis dan klenik
Coba kamu bayangkan, umat isalam disuruh menggunakan pikiran dan akalnya untuk menyelesaikan permasalahan kehidupan di abat ke – 6 melalui Al-Qur’an. Sedangkan orang – orang dari perancis dan dari bebagi belahan dunia lainya masih mempercayai setan dan sejenisnya penyebab dari sakit, miskin dan kelaparan yang diderita oleh mereka. Orang perancis diwaktu dulu akan menaruh sesajen disungai dan didekat orang yang sakit. Tidak dipungkiri orang indonesia pun masih ada yang melakukan hal tersebut. Namun cobalah kamu pikir apa arti semua itu? Perintah – perintah yang ada dalam Al-Qur’an sangat revolusioner, sebab disaat nekara eropa sana masih gelam gulita tanpa ilmu, islam justru memberikan cahaya ilmu diwaktu yang sama.

Hijrahnya nabi Muhammad saw membuka wawasan

Hijrahnya nabi muhammad juga merupakan perintah Allah yang sangat – sangat revolusioner. Dengan hijrah , orang – orang yang tradisional dan pengikut islam yang pertama lebih terbuka wawasan pemikirannya, seperti wawasan dalam hal kebudayaanya dan juga dalam hal keberagamaannya. Itulah yang membuat penuli karen amstrong dengan buku yang terkenal adalah “ sejarah tuhan “ mengatakan bahwa hijrah dalam sejarah islam menjadi pembuka peradapan manusia dalam hal ilmu pengetahuan sains dan ilmu lainya. Karena itulah umat islam sangat menghargai akan makna hijrah. bukan hanya umat islam paham akan bermanfaatnya ilmu pengetahuan, oleh karena itulah banyak orang – orang yang melakukan hijrah untuk mendapatkan ilmu.

Bembuka peradapan manusia lewat ilmuan dari islam

Islam selalu mengajak untuk memperbanyak ilmu pengetahuan yang harus diketahui. Dan dengan berjalannya waktu , banyak orang dari islam yang menjadi ilmuan. Ilmuat islam juga sebagai perintis perkembangan ilmu – ilmu moderen seperti : Ibnu Sina yang berpengaruh dibidang kedokteran, Al-Jabar yang menemukan rumus aljaba dan perpengaruh dalam ilmu matemetika, Al-Batani yang berpengaruh dalam ilmu fisika dan masih banyak lagi yang tak bisa saya sebutkan satu persatu. Jika kamu ingin tau ilmuan siapa saja yang berpengaruh diduni, kamu bisa lihat dibuku yang bejudul “ 1000 ilmuan islam yang berpengaruh didunia “. Sekian yang bisa saya sampaikan tentang pembuka peradapan manusia

Posted on 15/01/2015, in Manfaat Sayuran and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: